7 Cara Mudah Mengatasi Kamar Tidur Lembab Atau Berjamur

Pernahkah kamar tidur Anda mengalami lembab bahkan berjamur? Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Kelembaban kamar ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan saluran pernafasan kita. Untuk itu, kita harus segera mengatasi kelembaban bahkan jamur di kamar tidur dengan cara berikut :

1. Mencari Sumber Kelembaban di Kamar Tidur

mengatasi kamar lembab

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari sumber kelembaban tersebut. Tanpa mengetahui sumber atau penyebab utama dari kelembaban di kamar tidur maka cara yang dilakukan hanya bersifat sementara sehingga menjadi kurang efektif. Dengan mengetahui sumbernya akan membuat Anda dapat menemukan cara terbaik untuk mengatasi masalah kelembaban di kamar tidur.

2. Maksimalkan Penggunaan Jendela

mengatasi kamar lembab

Jika kamar tidur yang lembab disebabkan karena minimnya sirkulasi udara dan sinar matahari maka cara yang paling efektif adalah dengan memaksimalkan fungsi jendela untuk memperbaiki sirkulasi udara di kamar tidur. Caranya adalah dengan membuka jendela kamar tidur secara rutin sehingga adanya sirkulasi udara yang cukup dan sinar matahari bisa masuk ke kamar tidur Anda.

3. Mengganti Warna Gorden di Kamar Tidur

mengatasi kamar lembab

Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika warna gorden di kamar tidur akan mempengaruhi suhu dalam ruangan. Gorden yang memiliki warna gelap akan menyerap panas dari sinar matahari sehingga akan membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih panas. Sebaiknya Anda memilih gorden dengan warna yang cerah agar cahaya matahari bisa tetap masuk ke dalam ruangan tanpa membuat suhu ruangan menjadi lebih panas. Suhu ruangan panas meningkatkan kelembaban udara di kamar.

4. Menggunakan Exhaust Fan

mengatasi kamar lembab

Jika Anda memiliki kamar tidur yang tidak memiliki jendela dan hanya memiliki lubang ventilasi dengan ukuran yang tidak terlalu besar maka menggunakan exhaust fan agar kamar tidur tetap memiliki sirkulasi udara yang baik.

Exhaust fan bisa digunakan untuk mengurangi kelembaban udara di kamar tidur yang bekerja dengan cara menyedot keluar udara dari dalam ruangan dan menggantikannya dengan udara baru sehingga membuat suhu kamar tidur menjadi lebih sejuk.

5. Memilih Cat Tembok Anti Jamur

Untuk mengatasi jamur pada tembok yang disebabkan oleh kelembaban tinggi, saat ini telah banyak beredar cat tembok anti jamur seperti Dulux Weathershield, Dulux Alkali Killer, Mowilex Precoat Undercoat, Nippon Weatherbond, Propan Ecoshield, dan masih banyak lagi merek cat tembok anti jamur yang dijual dengan berbagai macam ukuran dan pilihan warna yang beragam. Anda bisa membeli cat tembok anti jamur dari berbagai macam merek dengan pilihan warna beragam, kualitas terbaik dan dengan harga yang terjangkau di fobuma.com.

Menggunakan cat tembok anti jamur akan membantu untuk melindungi tembok kamar tidur dari jamur.

6. Menggunakan Produk Penyerap Udara Lembab

Selain menggunakan cat tembok anti jamur, Anda juga bisa menggunakan produk penyerap udara lembab untuk mengatasi kelembaban udara di kamar. Produk penyerap udara lembab dinilai efektif untuk mengatasi udara lembab dalam ruangan yang cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan meletakkan produk penyerap udara lembab di sudut kamar tidur yang lembab.

Produk penyerap udara lembab akan berubah bentuk menjadi air atau gel ketika berhasil menyerap kelembaban udara. Anda disarankan untuk rutin mengganti produk penyerap udara lembab dengan yang baru setiap satu bulan sekali.

7. Tidak Menyimpan Terlalu Banyak Barang atau Furniture di Kamar Tidur

mengatasi kamar lembab

Jangan meletakkan terlalu banyak barang di kamar tidur karena hal ini akan mempengaruhi produksi udara dalam ruangan serta akan menghambat proses sirkulasi udara. Akibatnya suhu ruangan menjadi meningkat sehingga menyebabkan kamar tidur menjadi lebih panas dan akan meningkatkan kelembaban.

Bebaskan kamar tidur dari kelembaban udara tinggi dengan melakukan cara-cara di atas. Selamat mencoba.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment