Bagaimana Jarak TV dan Sofa dirumahmu?

Menonton TV seharusnya dengan jarak yang tidak terlalu dekat, karena akan berakibat sakit pada mata. Pandangan akan menjadi kabur jika terlalu lama didepan TV yang terlalu dekat. Resiko mata menjadi minus pun semakin besar. Nah, yuk ubah ruang keluarga kita atau posisi jarak TV dengan sofa, agar tetap sehat mata kita.

Mengatur Jarak TV dengan Sofa

Sofa ruang tamu, meja, dan TV menjadi beberapa furniture atau perabot wajib ada di dalam suatu rumah. Adapun TV tidak hanya berfungsi sebagai perabot, tetapi juga sebagai media hiburan keluarga. Melalui TV ada banyak informasi yang bisa didapat. Namun, perlu menjadi catatan bahwa ada sejumlah aturan yang mesti ditaati saat menonton TV. Salah satunya terkait peletakkan TV dan jarak dengan sofa penonton.

Jarak TV mesti mengikuti perhitungan standar. Perhitungan yang dimaksud adalah perhitungan yang berlaku secara internasional. Dalam hal ini diketahui rumus jarak layar TV ke mata penonton minimal 5 kali ukuran diagonal atau jarak dari ujung layar kiri atas ke ujung layar kanan bawah.  Misalnya untuk TV berukuran 14 inchi jarak minimal penonton yaitu 1,78 m, TV berukuran 21 inchi jarak minimal penonton 2,67 m, dan seterusnya. Jarak tersebut merupakan jarak TV yang baik. Bila aturan mengenai jarak TV dan sofa penonton tersebut dilanggar, maka kesehatan mata Anda dan seluruh anggota keluarga bisa terancam.

Peletakkan TV yang Baik

Ketentuan tentang jarak TV dengan sofa penonton berlaku untuk semua jenis TV. Adapun untuk jenis TV LED perlu diperhatikan pula tentang keserasian TV dengan ruangan. Pasalnya posisi TV yang kurang pas ternyata bisa berdampak buruk mulai dari ketidaknyamanan saat menonton hingga terganggunya kesehatan mata. Terlebih TV LED yang notabene hadir dengan desain amat ramping mesti pula mempertimbangkan peletakkannya apakah cukup diletakkan di meja, digantung, atau ditempel di dinding. Hal terkait jarak nonton TV yang baik ini mungkin cukup sepele tetapi sebenarnya sangat penting artinya.

 Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam mengatur peletakkan TV, diantaranya:

  •        Mempertimbangkan Paparan Sinar Matahari

TV sebaiknya diletakkan di tempat yang benar yakni layarnya terhindar dari paparan sinar matahari atau cahaya lain yang bisa jadi mengganggu tampilan. Karenanya penempatan TV juga mesti mempertimbangkan sistem pencahayaan dalam ruang, peletakan furnitur lain seperti sofa ruang tamu, meja, dan lain sebagainya.

  •        Mempertimbangkan Jarak Minimal Penonton Ideal

TV diletakkan dengan mempertimbangkan jarak minimal penonton ideal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jarak minimal penempatan TV dari sofa ruang tamu atau tempat duduk penonton ideal yaitu tidak kurang dari 5 kali ukuran diagonal TV.

  •        Meletakkan TV di Meja

Untuk TV LED pada bagian belakang lebih baik dilengkapi dengan slot pengaman misalnya kensington yang akan melindungi TV dari tindak kriminal pencurian. Ketika menyambung kunci, Anda bisa menempatkan TV di atas benda permanen seperti meja. Guna melindungi TV dari debu dan kotoran, Anda bisa menutup TV dengan kain lembut selama TV tidak dinyalakan. Selain itu, Anda bisa juga memasang pelindung layar untuk meminimalisir goresan pada layar TV LED Anda.

  •        Posisi TV Digantung

Sekarang ini sudah menjadi hal umum meletakkan TV dalam posisi tergantung di langit-langit. Misalnya saja di sejumlah tempat umum seperti mall, ruang tunggu loby hotel, bandara, atau tempat umum lainnya. Umumnya TV digantung di dinding atau di langit-langit dengan posisi sedemikian rupa sehingga nyaman dilihat dari sofa ruang tamu. Bagi Anda yang ingin meletakkan TV LED di dinding, memang ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Mulai dari bracket yang dipilih haruslah kompatibel dan disesuaikan dengan ukuran TV. Bila digantung sudut kemiringan layar juga mesti mempertimbangkan sudut pandang yang nyaman.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, salam sukses dan semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment