Begini Cara Mengatasi Ruangan Apek dengan Bahan Alami

Begini Cara Mengatasi Ruangan Apek dengan Bahan Alami

Biasanya ruangan yang tidak terawat bahkan yang jarang dipakai akan berbau apek. Melihat hal ini yang harus kita lakukan adalah dengan membuka pintu dan jendela agar udara sehar masuk. Cara lain adalah dengan memberi pengharum ruangan, akan tetapi seperti yang kita ketahui bahwa pengharum ruangan ini mengandung bahan-bahan yang digunakan dengan jangka panjang akan berdampak pada kesehatan kita.

Bahkan ada sebagian orang yang memang alergi dengan salah satu bahan didalam kandungan pengharum ruangan tersebut. Phthalates adalah bahan yang terkandung di dalam pengharum ruangan yang berpengaruh pada ketidakseimbangan reproduksi. Bisa mengakibatkan penurunan hormon testeron pada laki-laki bahkan  pada wanita akan menyebabkan masalah kehamilan dan juga reproduksi.

Dalam sebuh studi yang ditemukan bahwa kandungan zat kimia yang berbahaya dan sering digunakan untuk pengharum ruangan ternyata dapat memicu sel kanker, selain itu untuk anda yang sering menggunakan pengharum ruangan dalam bentuk spray dapat menyebabkan asma. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakannya dalam waktu yang tepat disaat keluarga tidak sedang menggunakan ruangan tersebut.

Lalu, adakah cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi bau tak sedap pada ruangan? Tentu ada, dong. Berikut 6 bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi bau tak sedap pada ruangan dengan cara alami :

1. Cuka

Mengatasi Bau Tak Sedap pada ruangan

Bau rokok merupakan salah satu bau yang kurang sedap. Kebanyakan orang menggunakan pewangi ruangan aerosol untuk menyamarkan bau rokok tersebut. Padahal ini bukan solusi yang baik karena aroma harum dari pewangi ruangan jika bercampur dengan bau rokok akan menghasilkan bau yang kurang sedap pula. Jika dengan membuka pintu dan jendela, bau rokok tersebut masuk tercium, maka gunakanlah cuka untuk mengatasi bau rokok tersebut.

Caranya sebagai berikut: siapkan cuka makan, beberapa mangkuk kecil dan air. Tuang air kedalam mangkuk, campurkan cuka kedalamnya. Lalu letakkan mangkuk tersebut di dalam ruangan yang berbau rokok tersebut. Setelah beberapa jam bau ruangan akan netral kembali.

2. Kopi

Kopi

Ruangan yang baru di cat, biasanya akan menimbulkan bau yang menyengat. Sebelum Anda menggunakan ruangan tersebut untuk beraktivitas, sebaiknya Anda menghilangkan bau menyengat tersebut. Karena bau cat tersebut bila dihirup terlalu lama akan mengganggu pernapasan Anda. Gunakanlah biji kopi atau bubuk kopi yang mudah dan biasanya tersedia di dapur Anda sendiri.

Mengatasi apek pada ruangan dengan kopi adalah: ambilah biji kopi atau bubuk kopi secukupnya. Masukkan kedalam wadah atau mangkuk. Kemudian letakkan wadah berisi biji kopi atau bubuk kopi di dalam ruangan yang baru di cat tersebut. Biasanya dengan didiamkan semalaman, keesokan harinya aroma didalam ruangan kembali segar.

3. Lemon

Lemon

Anda hobi memasak? Masakan apa yang biasanya meninggalkan aroma tak sedap setelah Anda selesai memasak? Anda mungkin akan berfikir pada ikan, udang, cumi, dan beberapa bahan masakan lainnya. Lalu apa yang Anda lakukan untuk mengatasi bau menyengat tersebut?

Ambilah beberapa jeruk lemon dan beberapa gelas air. Kupas kulit jeruk lemon, kemudian masukan kedalam panci yang sudah diisi air kemudian didihkan semuanya selama 20 menit dalam api kecil. Aroma kulit jeruk lemon  tersebut dapat mengatasi bau amis atau bau menyengat tersebut dan aroma dapur Anda pun kembali segar. Atau Anda dapat mengiris lemon menjadi dua bagian kemudian letakkan di sudut ruangan.

4. Kayu Manis

Kayu Manis

Selain kopi, kayu manis juga bisa digunakan untuk mengatasi bau apek pada ruangan di rumah Anda. Kayu manis memiliki aroma khas yang sedikit tajam. Kayu manis juga mudah didapatkan. Biasanya dipakai untuk bumbu masakan atau campuran minuman.

Ambilah bubuk kayu manis secukupnya. Taburkan bubuk kayu manis pada tatakan kompor. Atau Anda bisa menyangrai bubuk kayu manis di atas wajan sehingga bau harum kayu manis menyebar ke seluruh ruangan. Aroma kayu manis ini akan bertahan untuk beberapa hari.

5. Melati

Melati

Untuk Anda yang lebih menyukai aroma bunga-bungaan, Anda bisa memilih bunga melati untuk mengatasi bau tak sedap pada ruangan di rumah Anda. Melati memiliki aroma khas yang menenangkan. Melati biasa digunakan untuk campuran parfum, hiasan pada saat menggunakan baju pengantin, bahkan bisa digunakan untuk aromaterapi.

Caranya cukup mudah, ambilah melati secukupnya. Taruh kedalam wadah datar kemudian simpan di dalam ruangan yang beraroma kurang sedap tersebut. Anda bisa mengganti bunga melati setelah bunga tersebut tampak layu.

6. Cengkeh

Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang memiliki aroma khas dan rasa yang sedikit pedas. Cengkeh biasanya digunakan untuk campuran masakan, minuman kesehatan dan campuran rokok kretek khas Indonesia. Cengkeh cukup mudah didapatkan di pasaran, biasanya tersedia ditempat yang menjual bumbu masakan.

Caranya ambilah cengkeh secukupnya, masukan kedalam panci berisi air. Rebus dalam api kecil selama 20 menit. Aroma cengkeh tersebut dapat menetralisir bau tak sedap pada ruangan Anda.

Selamat mencoba 🙂

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment

WhatsApp chat