Cara Membersihkan Perabotan Kayu Rumah Tangga

CARA MEMBERSIHKAN PERABOTAN KAYU RUMAH TANGGA

Cara Membersihkan Perabotan Kayu Rumah Tangga – Perabotan kayu rumah tangga memang akan memberi kesan sederhana tapi tetap elegan pada rumah Anda. Misalnya saja meja kayu, kursi kayu, almari kayu. Nah pada kesempatan kali ini mari kita bahas bagaimana cara membersihkan perabotan kayu rumah tangga.

Tips Membersihkan Furnitur Kayu

Sebaiknya perabotan kayu dibersihkan minimal seminggu sekali dengan lap basah serta sebulan sekali dengan polish (semir). Saat membeli perabotan atau aksesori, tanyakanlah pada penjualnya bagaimana cara merawatnya, karena jenis kayu yang sudah dipernis akan berbeda cara merawatnya dengan kayu unsealed (yang masih alami).

Membersihkan kayu yang sudah dipernis lebih mudah. Untuk membersihkan debu, dapat menggunakan kemoceng berbulu halus atau lebih baiknya memakai kain halus seperti kain microfiber.

Caranya, celupkan lap ke dalam campuran air dan sabun cair. Bersihkan permukaan kayu dan segera keringkan dengan lap kering.

Jangan biarkan mengering sendiri karena dapat meninggalkan bekas. Cara ini dapat digunakan untuk membersihkan kayu yang tidak dipernis.

Setiap beberapa bulan dapat dibersihkan dengan minyak lemon. Basahi kain, tetesi sedikit dengan minyak lemon, lalu bersihkan perabotan kayu Anda. Vaccum cleaner dan kuas kecil dapat digunakan untuk membersihkan debu dari lekuk ukiran.

Jika ingin praktis, Anda bisa membersihkan dengan cairan pembersih kayu. Cukup semprot dan lap, maka kayu langsung mengilap.

Tapi sebenarnya Anda bisa membuat cairan pembersih sendiri. Caranya, campurkan satu cangkir cuka dengan tiga cangkir minyak zaitun (atau dengan perbandingannya 1 : 3). Campurkan dalam botol, tutup, dan kocok hingga tercampur.

Gosokkan ke perabotan dengan lap. Gunakan kain lembut agar tidak menimbulkan goresan

Tepung kanji (maizena) pun dapat digunakan untuk membersihkan kayu. Taburkan tepung maizena untuk membersihkan bekas telapak tangan di perabotan kayu.

Lilin panas menetes dan mengotori meja? Tidak perlu digosok atau dicungkil. Panaskan dengan hair dryer sampai meleleh. Setelah itu, gosok atau angkat dengan kain lembut, kemudian seka dengan lap yang dicelupkan di campuran air dan cuka.

Mayones juga dapat digunakan untuk membersihkan bekas krayon pada perabotan kayu. Oleskan mayones, biarkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan kain basah, lalu keringkan.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment

WhatsApp chat