Cara Mendesain Ruangan dengan Nuansa Pink

CARA MENDESAIN RUANGAN DENGAN NUANSA PINK

Cara Mendesain Ruangan dengan Nuansa PinkWarna pink atau merah muda adalah menyimbolkan girly. Sebagian besar wanita pasti menyukai warna yang satu ini. Nah, bagi Anda penyuka warna pink bisa menyulap ruangan misal kamar tidur Anda menjadi nuansa pink. Bagaimana caranya? Yuk intip cara mendesain ruangan dengan nuansa pink.

Cara Mendesain Ruangan Nuansa Pink

Banyak sekali variasi warna yang dapat dilakukan dengan sentuhan pink. Berikut ini contoh penerapan kombinasi warna pink yang harmonis pada ruangan.

1. Foyer. Untuk tampilan sederhana tetapi kelihatan mewah, cukup letakkan 2 buah armchairs yang dibungkus upholstery warna pink atau magenta. Tambahkan  pigura  warna emas pada cermin besar Anda. Apabila area foyer terlalu kecil untuk perabotan, cukup letakkan aksen karpet warna pink atau tambahkan dekorasi lukisan atau vas-vas besar  warna pink di pojok ruangan.

2. Ruang Tamu. Jika kurang percaya diri menggunakan sofa berwarna pink pada ruang tamu, cukup aplikasikan sentuhan pink pada elemen dekoratif saja. Aplikasikan warna pink pada cushion, vas bunga, atau lampu gantung. Sebagai aksen, berikan sentuhan warna abu-abu atau biru gelap pada dinding belakang sofa untuk kesan hangat dan elegan. Biarkan bidang dinding lain tetap berwarna putih atau krem. Untuk lantai dan perabotan, coba gunakan warnawarna kayu. Beri sedikit sentuhan warna gold pada aksesori.
Banyak

3. Kamar Tidur. Aplikasikan warna pink pada bed cover dan bantal-bantal hias. Bila ruangan cukup luas, bisa ditambahkan karpet atau tirai jendela warna pink/magenta. Untuk perabotan utama sebaiknya dibiarkan berwarna netral. Tambahkan pink hanya pada elemen dekoratifnya agar tidak berlebihan.

4. Kamar Anak. Umumnya, kamar anak perempuan sangat full color. Mulai dari karpet, cat dinding, sampai warna seprai dan aksesori. Setelah si kecil beranjak dewasa, dekorasi bisa diseimbangkan dengan warna netral. Misal, perpaduan pink dengan putih. Atau bisa juga menyelipkan warna abu-abu untuk tampilan yang manis dan elegan. Untuk kamar anak sebaiknya pilih warna pink  lembut.

5. Ruang Kerja. Untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman, gunakan lantai kayu. Sementara untuk dinding sebaiknya tetap warna netral yang terang, seperti putih atau abu-abu muda. Bekerja akan lebih nyaman dalam ruangan yang terang. Sentuhan warna pink dapat diaplikasikan pada kursi kerja atau kursi tamu saja. Agar tidak monoton, beri aksen karpet dengan tone pink yang agak berbeda atau bermotif. Pengecualian pada ruang kerja jangan sampai berlebihan. Cukup 2-3 elemen saja. “Harus diingat, dalam mendekor ruang kerja, perlu dibedakan dengan ruangan lain. Karena, terlalu banyak warna malah dapat mengurangi konsentrasi bekerja,” jelas Dina.

6. Ruang Makan. Jangan ragu menggunakan kursikursi makan berwarna pink. Untuk kesan lebih mewah, pilih pink magenta. Untuk perabotan lain, seperti meja makan dan kabinet, gunakan warna netral seperti warna kayu. Jika ingin suasana ruang makan lebih kalem, cukup aplikasikan warna pink sebagai aksen karpet atau aksen satu bidang dinding saja. “Anda juga dapat mengaplikasikan warna pink hanya pada aksesori meja makan, seperti taplak meja, tatakan gelas, serbet, atau rangkaian bunga. Gunakan gradasi warna agar tidak monoton, mulai dari soft pink, magenta, hingga  merah. Jangan lupa beri sedikit sentuhan gold agar lebih mewah.

Menjaga keindahan ruang sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan selalu menjaga kondisi cat furniture dalam kondisi yang baik. Jika kondisi cat furniture dirasa sudah dalam kondisi yang kurang baik, Anda perlu melakukan cat ulang pada furniture tersebut.

Namun, terkadang tanpa kita sadari, ada beberapa kesalahan dalam mengecat ulang furniture. Apa saja kesalahan tersebut? Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mengecat ulang furnitur.

Tidak membersihkan bekas cat yang melekat pada permukaan furnitur.

Jika Anda tidak membersihkannya, daya tahan cat baru akan berkurang. Pengamplasan merupakan suatu keharusan. Tentunya saat melakukan pengamplasan Anda harus tau jenis yang cocok untuk furnitur. Salah malah memilih jenis amplas, justru akan merusak permukaan furnitur.

Bersihkan residu.

Bersihkan permukaan dengan kain untuk menghilangkan residu yang tidak memiliki setat. Jangan menggunakan kertas untuk mengelap permukaan furnitur. Jangan berspekulasi bahwa semua kain tidak memiliki serat, lap dengan perlahan hingga semua residu dipermukaan furnitur menghilang.

Kurang memperhatikan untuk membersihkan bagian yang sulit terjangkau.

Sebelum Anda mengecat ulang furnitur, pastikan bahwa semua sudut telah bersih dari kotoran yang menempel. Jangan sampai ketika Anda mulai mengecat kotoran tersebut menempel pada permukaan furnitur. Anda dapet menggunakan penyemprot mini atau busa rol, sikat yang bisa masuk untuk membersihkan sudut sudut yang sulit terjangkau.

Proses pengecatan.

Kesalahan yang biasa dilakukan sang mengecat  ulang furnitur adalah bagaimana Anda untuk memulai langkah awal. Untuk membuat furnitur yang Anda cat ulang terlihat indah, tentu membutuhkan beberapa lapisan  yang harus ditambahkan. Kesalahan yang sering dilakukan, merasa cukup dengan 1 lapisan tanpa lapisan pelindung yang dapat memperpanjang umur cat.

Perlindungan untuk area sekitar.

Saat Anda mengecat furnitur, biasanya Anda tidak memperhatikan untuk melindungi area yang tidak ingin dicat. Kesalahan yang sering Anda ulang saat mengecat ulang furnitur adalah tidak melindungi permukaan. Mulai saat ini mulai lah untuk memberikan perlindungan seperti Anda lapisi koran dengan masking tape.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment