Cara Menentukan Tempat Meja Belajar

Sebagian orang bisa belajar di tengah keramaian, namun sebagian orang hanya bisa di tempat yang sepi. Selain suasana, yang mempengaruhi kualitas belajar adalah kenyamanan di sekitar kita, termasuk kondisi meja dan letak meja belajar.

Agar semangat belajar Anda meningkat, Anda perlu mengatur tempat belajar. berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengatur tempat belajar.

Tentukan tempat belajar tetap.

Anda dapat menentukan tempat belajar tetap di ruang belajar khusus. Jika tempat belajar Anda menjadi satu dengan kamar tidur, Anda harus bisa mengatur posisi meja dan kursi membelakangi tempat tidur. Hal ini sebagai usaha untuk mengurangi keinginan istirahat sebelum waktu istirahat tiba. Menentukan tempat belajar tetap bermanfaat bagi Anda untuk mengatur semua keperluan belajar. Dengan demikian, Anda tidak perlu berulang kali untuk memindahkan keperluan belajar.

Hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu belajar Anda.

  1. Suara, seperti suara radio, suara televisi, dan suara orang yang bicara. Untuk menghindari gangguan suara Anda dapat membuat kesepakatan dengan keluarga tentang adanya waktu tenang dalam keluarga. Waktu tenang adalah waktu terbebas dari suara radio, suara televisi, dan orang bicara. Bagi anggota yang tidak belajar, tidak diizinkan membunyikan radio terlalu keras, menyetel televisi dengan volume tinggi, dan lain-lain. Kesepakatan seperti itu dapat membantu untuk menghindari gangguan suara.
  2. Pemandangan, seperti gambar dinding yang tidak berkaitan dengan pelajaran, acara televisi, dan orang yang lalu-lalang. Kecuali itu, Anda sebaiknya juga tidak belajar menghadap jendela ataupun pintu. Hal ini dapat menyebabkan Anda dapat melihat orang yang lalu-lalang. Cara yang terbaik ialah belajar menghadap dinding.
  3. Gangguan berupa selingan-selingan selama belajar. Misalnya, menerima telepon, atau bahkan tugas-tugas lain. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menutup pintu selama belajar dan memberi tahu kepada keluarga bahwa Anda sedang belajar dan tidak mau diganggu oleh kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan belajar.

Aturlah cahaya lampu agar tidak langsung menyinari mata dan dapat menyinari semua ruangan.

Cahaya lampu yang langsung menyinari mata akan membuat mata cepat lelah. Menempatkan lampu juga harus di tempat yang tepat agar dapat menerangi saat Anda membaca. Contoh yang keliru adalah jika Anda menempatkan lampu tepat di belakang kepala Anda. Penempatan lampu seperti ini tentu tidak dapat menerangi pada saat Anda membaca.

Aturlah meja dan kursi belajar.

Sebaiknya Anda tidak mengisi meja belajar dengan barang-barang yang tidak berhubungan dengan mata pelajaran, seperti foto-foto, novel, majalah, dan alat  hias. Barang-barang yang tidak berhubungan dengan mata pelajaran dapat mengganggu kegiatan belajar Anda. Anda sebaiknya memilih kursi belajar yang rata dan dapat dipakai duduk dengan tegak. Kursi belajar yang terlalu empuk dan posisi sandar membuat Anda cepat mengantuk.

Aturlah semua bahan pelajaran.

Anda sebaiknya mengatur bahan pelajaran di tempat yang dekat dengan meja belajar sehingga Anda mudah mengambil bahan pelajaran yang diperlukan. Bila Anda tidak mengatur bahan pelajaran di tempat yang dekat dengan meja belajar, Anda akan membutuhkan waktu untuk mencari bahan pelajaran yang diperlukan. Hal ini akan membuat konsentrasi belajar Anda terganggu.

semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment