Contoh Desain Rumah Minimalis Atap Limas

Memilih model atap menjadi keputusan yang sangat penting bagi setiap Anda ketika ingin membangun rumah baru. Rumah minimalis atap limas menjadi salah satu model atap yang banyak dipilih saat membangun rumah berkonsep minimalis. Sesuai seperti namanya, atap rumah ini berbentuk limas dan untuk bangunannya pun menyesuaikan dengan atap limasnya. Selain bentuk limas ada beberapa pilihan atap untuk rumah minimalis seperti atap pelana, atap tenda, dan atap joglo.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis Atap Limas

Konsep hunian minimalis merupakan model rumah yang sangat ideal saat ini karena banyak pilihan sehingga tidak monoton dan juga tidak membosankan. Kita dapat menemukan banyak model rumah minimalis seperti rumah minimalis ala korea, rumah minimalis bergaya baran dan masih banyak lagi. Setiap model rumah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk bentuk atap, model atap limas memeliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan.

Kelebihan Rumah Minimalis Atap Limas

  1. Atap limas akan membuat rumah terlihat lebih moderen dan lebih mewah dibandingkan dengan jenis atap yang lain.
  2. Jenis atap limas cocok digunakan untuk berbagai type rumah.
  3. Rumah dengan atap berbentuk limas lebih tahan terhadap angin karena memiliki bentuk dan ukuran yang sama untuk keempat sisinya. Atap limas sangat cocok untuk daerah yang sering terjadi angin yang kencang seperti daerah dekat pantai.
  4. Penggunaan atap limas juga sangat membantu dalam menjaga suhu didalam rumah terutama di musim panas, sehingga dapat menghemat penggunaan AC didalam rumah.

Kekurangan Rumah Minimalis Atap Limas

  1. Atap lima memilik resiko lebih besar terjadi kebocoran bila pembuatan atau pengerjaan atap tidak benar.
    Biaya yang digunakan lebih besar dibandingkan dengan jenis atap lainnya karena pemasangan atap limas memerlukan lebih banyak palang-palang.
  2. Pengerjaanya lebih rumit tetapi sebanding dengan hasil yang terlihat lebih anggun dan mewah.
  3. Atap limas membuat rumah memiliki ruangan loteng yang lebih kecil, namun hal ini bukan suatu masalah jika Anda tidak ingin memanfaatkan loteng rumah.

Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan atap limas untuk rumah minimalis, Anda bisa menentukan apakah atap limas cocok atau tidak untuk rumah baru Anda. Jika Anda memutuskan menggunakan atap berbentuk limas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membangun atap rumah, diantaranya adalah:

  • Selalu gunakan bahan dengan kualitas tinggi untuk atap limas Anda. Meski akan menguras anggaran lebih dalam, rumah minimalis dengan atap limas yang dibangun dari bahan berkualitas akan memiliki ketahanan yang baik dalam menghadapai cuaca ekstrim, sehingga Anda akan lebih nyaman ketika di dalam rumah.
  • Ketika membangun rumah dengan atap limas, ketinggian bangunan harus dipertimbangkan masak-masak sehingga tercapai keserasian dan keseimbangan. Ketinggian bangunan dan atap yang tidak sesuai akan membuat rumah terlihat lucu dan tentu saja akan mempengaruhi nilai jual rumah Anda.

Berikut Beberapa Contoh Model Rumah Minimalis Atap Limas:

rumah minimalis atap limas1

 

 

 

 

 

 

 

 

Semoga contoh Rumah Minimlais dengan Atap Limas di atas dapat menjadi inspirasi dalam memilih model atap rumah.

Leave a Comment