Dekorasi Ruang Tamu Sempit

Ruang tamu adalah tempat untuk menerima tamu sekaligus untuk berkomunikasi dengan orang luar. Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan susunan bangunan rumah tinggal sehingga ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dimasuki. Ruangan ini biasanya dijauhkan dari tempat tidur untuk melindungi privasi tuan rumah, namun dekat dengan dapur dan ruang makan untuk memudahkan melayani tamu.

Furnitur yang umum berada di ruang tamu adalah meja dan kursi tamu.

Ruang tamu di rumah Anda sempit? Karenanya Anda mungkin jadi ragu tiap akan membeli perabot, seperti sofa berukuran standar atau meja kecil sekalipun. Padahal ruang yang sempit tidak harus membatasi kreatifitas Anda untuk menatanya agar tampak menarik.

Terlebih jika Anda sudah menguasai jurus rahasia untuk mendekorasi ruang sempit, maka Anda akan lebih percaya diri memilih furnitur yang tepat untuk mengisi ruang tamu di rumah. Ingat, apalagi ruang tamu adalah ruangan pertama yang menyambut tamu yang datang. Dan pastikan bahwa dekorasinya mewakili karakter Anda dan keluarga.

Dominasi Warna Putih

Warna putih masih menjadi warna cat dinding favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Kesan simpel namun elegan bisa diwakili dari warna dasar yang satu ini. Untuk menghasilkan ilusi ruang yang lebih terang dan luas, Anda bisa mengisi ruangan dengan perabot berwarna putih.

Agar tak membosankan, sentuhan warna pop cerah atau variasi tekstur bisa diaplikasikan pada jam dinding, tanaman hijau, karpet, dan sarung bantal.

Manfaatkan Sudut Asimetris

Ruang tamu yang sempit dengan bentuk ruang yang asimetris membuat Anda bingung bagaimana menata dan meletakkan satu persatu perabot didalamnya. Simak contoh di atas yang memanfaatkan sudut ruang yang miring menjadi focal point yang menarik.

Letakkan sofa dan meja di sisi yang berseberangan agar waktu santai Anda bisa lebih lengkap sembari menikmati pemandangan dari dinding aksen tersebut.

Sentuhan Mewah

Tidak sulit memberi sentuhan mewah pada ruang tamu yang sempit, asalkan Anda memahami dengan baik skala ukuran furnitur yang digunakan. Sebagai contoh, beberapa buah single sofa bisa memenuhi kapasitas ruang. Namun, jika Anda memilih sofabed dengan kaki rendah menjangkau lantai, justru bisa menghasilkan efek berbeda.

Selain skala ukuran, Anda juga perlu memberi sentuhan glamor pada ruangan. Misalnya lis warna emas pada vas bunga atau bingkai kaca, atau meja dari material kaca solid.

Gaya Shabby Chic

Ternyata, desain interior shabby chic yang identik dengan kesan feminin bisa membuat ruang tamu sempit Anda nampak lebih bergaya. Pilih warna warna cerah dengan dominasi furnitur berwarna putih dan aksesn vintage untuk menghadirkan desain ini.

Namun perlu diperhatikan agar membatasi corak pada ruang tamu shabby chic Anda. Minimalisir corak dengan lebih memilih warna polos sebagai aksen utamanya.

Pilih Sofa yang Tepat

Sebagai perabot yang ukurannya cukup besar, Anda harus teliti memilih sofa yang tepat untuk mengisi ruang tamu yang sempit. Sesuaikan dengan bentuk dan orientasi ruangan. Misalnya untuk ruangan berbentuk segi panjang dan sempit, pilih sofa berbentuk L yang bergaya minimalis.

Untuk memandu Anda dalam memilih sofa yang tepat lakukan pengukuran ruang yang akurat. Bahkan lebih baik jika memesan sofa secara custom agar ukurannya lebih pas mengisi ruangan.

Leave a Comment