Fungsi Furniture Dalam Rumah

Fungsi furniture secara sederhana memang untuk mengisi ruang kosong yang dibentuk oleh dinding di setiap hunian. Selain fungsi utama tersebut ternyata ada beberapa fungsi lain yang dimiliki oleh sebuah furniture lho! Apa saja, ya?

Fungsi furniture sesuaikan bentuk ruangan

Fungsi furniture bisa berfungsi maksimal, jika penataannya sesuai dengan model layout ruangan yang ada, serta bagaimana pola sirkulasi aktivitas di ruangan tersebut. Misalnya ada dua jenis sofa yang diletakkan secara berhadapan maka secara visual akan terlihat simetris. Akan tetapi, jika bentuk ruangan adalah persegi panjang maka kedua single sofa seharusnya diletakkan secara bersebelahan bukan berhadapan.

Memanfaatkan sudut kosong

Adanya ruang atau sudut kosong pada sebuah interior hunian tentu menjadi hal yang tidak mengenakkan bagi pemilik rumah. Sehingga pada akhirnya sebuah furniture diletakkan di sudut kosong tersebut, dimaksudkan untuk membuat sudut kosong menjadi ‘hidup’.

Namun tetap saja sobat, jangan terlalu berambisi untuk mengisi semua sudut kosong dengan furniture karena ruangan yang terlalu penuh dengan furniture juga tidak baik!

Membuat ruangan seimbang

Dalam hal menata desain interior hunian, jangan sampai melupakan unsur keseimbangan! Karena keseimbangan bisa membuat semua menjadi senang dan nyaman. Semisal kalau sobat memang memiliki luasan ruang tamu yang besar maka sobat bisa meletakkan sofa besar di tengah kemudian ada dua sofa kecil di bagian samping. Begitu juga dengan pemilihan warna setiap ada tone warna gelap, tentunya juga ada warna yang muda.

Membentuk ruangan

Perletakan furniture pada sebuah interior hunian tentu memiliki juga fungsi fungsional yaitu sebagai elemen pembentuk ruangan. Mengapa dikatakan demikian? Sebab, dengan meletakkan beberapa jenis furniture saja sobat bisa membentuk sebuah area tanpa harus membuat sebuah batas masif berupa dinding.

Bahkan untuk konsep desain open-space yang menggabungkan beberapa ruangan di satu tempat, bisa kamu aplikasikan bentuk pemisahan dengan sebuah furniture saja. Misalnya untuk ruang makan dan dapur berikut ini, yang bisa jelas tergambar bahwa area makan hanya di sekitar meja bundar saja.

Leave a Comment