Ingin Istirahat Nyaman di Kamar? Ini Tips Kamar Kedap Suara

Ingin Istirahat Nyaman di Kamar? Ini Tips Kamar Kedap Suara

Bagi Anda yang bertempat tinggal di kawasan bising, kendaraan berlalu lalang, pasti sangatlah tidak nyaman bukan? Dan ini merupakan salah satu dari polusi suara. Bagaimana cara mengatasinya? terutama untuk tempat beristirahat kita yaiut kamar. Mungkin kamar kedap suara adalah solusinya. Cara membuat kamar kedap suara cukup mudah kok, yuk simak ulasan berikut ini :

1. Karpet

Karpet telah lama digunakan untuk meredam suara, salah satunya yang mudah ditemukan adalah di teater bioskop. Sebarkan beberapa karpet di bagian-bagian ruangan Anda. Belilah beberapa karpet yang cukup tebal, dan gantungkan di sekeliling ruangan. Ini mengurangi suara ke luar secara signifikan.
Bahkan satu karpet besar saja sudah bisa membantu mengubah tingkat kebisingan di rumah Anda. Jika punya banyak karpet, Anda bisa menumpuknya. Karpet yang tebal dapat menyerap getaran dan gema, sehingga ia tidak merambat ke luar kamar.

2. Acoustic Foam

Jika ingin memberi suasana kedap suara total layaknya yang sering dilakukan vlogger, atau yang sering terdapat di studio, Anda dapat membeli produk bernama Acoustic Foam. Acoustic Foam ini berbentuk tonjolan-tonjolan seperti karpet telur, dengan busa lembut yang mampu menyerap suara. Selembar Acoustic Foam berukuran 2 x 1 m, dengan ketebalan 5 cm. Selembarnya dihargai Rp seratus ribu. Acoustic Foam dapat menjadi solusi pamungkas Anda untuk mendapatkan privasi total.

3. Tirai

Getaran dapat merambat melalui udara, dan salah satu medium yang membuat suara mudah keluar masuk adalah jendela. Kalau suara di luar terlalu bising, mungkin saatnya beralih ke tirai yang tebal. Lapisan ganda yang terdapat pada tirai dapat membantu Anda menciptakan ketebalan, sehingga dapat meredam kebisingan yang tidak diinginkan memasuki rumah Anda.

4. Barang seni dengan kanvas

Memasang acoustic foam memang efektif, namun nilai keindahannya kurang. Mengapa tidak menggunakan lukisan? Boleh percaya atau tidak, kanvas pada lukisan bisa meredam getaran suara. Untuk memiliki karya seni yang kedap suara, Anda terlebih dulu harus memiliki kanvas berlukiskan seni, yang bisa dibeli atau Anda buat sendiri.

Setelah mempunyai karya seni, Anda bisa memasang panel akustik atau ubin di belakangnya. Pastikan ubin dipotong seukuran dengan ukuran karya seni, dan kemudian tambahkan saja lem dan Anda bisa memasangnya ke dinding

5. Tanaman

Daun dan batang pada tanaman memiliki kemampuan membiaskan, menyerap, dan juga membelokkan kebisingan di sekitarnya. Jadi, segera kumpulkan beberapa tanaman yang Anda suka, dan mulailah mendekorasi rumah dengan menggunakan tanaman-tanaman tersebut.

6. Rak buku dapat mencegah suara keluar

Benda-benda berat dan padat dapat membantu mencegah suara masuk yang berlebih. Jika Anda berbagi dinding dengan tetangga yang sering bertengkar atau teman di kamar sebelah yang sering menyalakan musik dengan keras, ini ialah solusi sempurna. Anda perlu menempatkan rak buku dan isilah dengan buku-buku kesukaan.

7. Pelindung aliran udara pada pintu dan karton telur

Di manapun ada aliran udara, di situ ada potensi getaran suara masuk. Logikanya, semakin sedikit aliran udara masuk tersedia, semakin besar keheningan yang Anda dapat. Sumber aliran udara di jendela sudah Anda tutup, lalu bagaimana dengan celah di bawah pintu?

Anda bisa mencoba memasang door draft protector, atau pelindung udara, yang dapat dipasang di bawah pintu kamar Anda. Selain menghambat aliran udara, door draft protector juga efektif menjaga suara masuk lewat bawah pintu.

8. Lembar Gabus Atau Styrofoam Untuk Memiliki Kamar Hampa Suara

Gabus ialah penyerap suara yang baik dan tergolong murah, dan ia bisa menjadi cara alternatif untuk membuat ruangan kedap suara. Selain itu ia lebih mudah didapat dibandingkan dengan acoustic foam. Lapisi seluruh dinding dengan gabus. Jika tidak suka dengan warnanya yang hanya putih polos, tentu Anda bisa melakukan sedikit dekorasi.

9. Pintu Tanpa Ukiran Lebih Mampu Meredam Suara

Pintu yang flatatau datar lebih mampu menolak getaran suara dibandingkan pintu yang berukir. Pintu seperti apa yang ada di kamar Anda? Jika Anda ingin mendapatkan keheningan total, mengganti pintu adalah jalan yang bisa Anda lakukan.

10. Insulasi

Insulasi ialah cara signifikan untuk mencegah masuknya getaran suara bising ke dalam dan ke luar kamar Anda. Insulator ini tak hanya berfungsi meredam getaran suara, namun juga mengurangi panas matahari merambat ke dalam rumah.

Sedikit berbeda dari beberapa solusi yang kami tuliskan, insulasi hanya bisa dilakukan saat konstruksi baru dilakukan. Artinya, jika Anda ingin memasang insulator, Anda perlu membongkar dinding. Namun jika saat ini Anda sedang ingin membangun rumah, ini adalah saat yang tepat. Anda bisa mencari jasa home installation yang mampu memasang insulator.

12. Karpet telur

Karpet telur adalah alternatif untuk Anda yang kesulitan mendapatkan acoustic foam. Sebenarnya acoustic foam sendiri mengambil inspirasi dari karpet telur. Jadi, mengapa tidak menggunakan sumber aslinya saja?

Tentu saja Anda perlu menyiapkan karpet telur dalam jumlah banyak.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin meredam suara dengan karpet telur:

  • Hindari kondisi ruangan yang lembab. Ini karena tempat telur rentan air dan kelembapan. Jika atap Anda bocor, segera perbaiki! Ini supaya bocoran tidak merusak dinding kedap suara.
  • Gunakan dua karpet telur sekaligus.
  • Jika Anda ingin mewarnai karpet-karpet telur ini, lakukan saat sudah terpasang, dan warnai dengan kuas secara hati-hati.

Nah, demikian tadi beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meredam suara di kamar Anda. Semoga Anda mendapat inspirasi, dan semoga Anda mendapatkan ketenangan yang Anda idamkan.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment