Kekurangan Rumah Kayu

KEKURANGAN RUMAH KAYU

Kekurangan Rumah Kayu – Di artikel sebelumnya sudah kita bahas apa saja kelebihan dari rumah kayu. Disamping kelebihannya, rumah kayu ini juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan. Langsung saja intip ulasan tentang kekurangan rumah kayu.

Kekurangan Rumah Kayu

Harga Kayu Relatif Mahal

Untuk membuat rumah kayu yang bagus tentu membutuhkan kayu yang berkualitas seperti kayu ulin, jati, bangkirai, nyatoh dan sebagainya. Keberadaan kayu-kayu berkualitas tersebut sudah mulai berkurang sehingga harga kayu cenderung semakin mahal. Estimasi biaya yang dibutuhkan bisa lebih beras daripada rumah beton.

Proses Kerja Relatif Rumit

Kalau hanya sekedar berdiri, hampir semua orang dapat membuat rumah kayu dengan cepat. Namun rumah kayu yang bagus baik itu penampilan dan kualitas memerlukan proses yang lebih rumit. Kekurangan rumah kayu adalah konstruksi dan desain bangunan yang lebih rumit daripada rumah biasa. Tidak semua tukang kayu dapat membuat perhitungan konstruksi rumah yang kuat, dibutuhkan ahli bangunan atau arsitek bangunan yang mengerti tentang kayu. Keakuratan dan presisi sambungan kayu harus dilakukan dengan tepat dan cermat agar rumah dapat berdiri dengan kokoh.

Risiko Terhadap Kebakaran

Kayu merupakan salah satu material yang rentan terhadap api, sehingga kekurangan rumah kayu yang paling berisiko adalah bahaya kebakaran. Untuk dapat meminimalkan ancaman kebakaran adalah dengan memilih jenis kayu yang relatif lebih tahan terhadap api pada bagian rumah yang sering berhubungan dengan api. Selain itu, dalam merancang desain rumah, area dapur lebih mendapat perhatian.

Resiko Terhadap Alam dan Rayap

Kondisi alam berpengaruh besar terhadap rumah kayu. Jika kayu terkena hujan dan panas secara terus menerus, sifat kekuatan kayu akan berkurang yang bisa menyebabkan kondisi kayu akan menjadi lapuk. Selain itu, serangga rayap adalah musuh utama kayu, terutama jenis kayu berkualitas rendah yang sangat rentan terhadap serangan rayap. Keberadaan  rayap menjadi kekurangan rumah kayu. Untuk itu, sebaiknya memilih jenis-jenis kayu tertentu yang disesuaikan dengan fungsinya dalam rumah kayu.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment