Mengecat Rumah Hemat dan Tepat

Mengecat Rumah Hemat dan Tepat
Mengecat dengan kualitas bagus dan juga pastinya hemat adalah keinginan semua orang. Nah yang menjadi masalah adalah bagaimana caranya. Mengecat rumah tidak harus menggunakan jasa atau tukang, Pengecatan rumah ini bisa dilakukan sendiri loh. Berikut ini adalah beberapa cara mengecat rumah dengan hemat.
Cara Mengecat Rumah Sendiri (Hemat & Profesional)

Cara Mengecat Tembok rumah

Bersihkan Dinding

Jika dinding anda baru dan belum pernah dicat pastikan untuk membersihkannya dari sisa sisa semen atau permukaan yang tidak rata dengan mengamplasnya menggunakan amplas kayu yang kasar. Setelah anda rasa sudah rata lanjutkan dengan meratakan plamur yang bisa anda beli di toko bangunan atau anda bisa membuatnya sendiri. Plamur buatan berbahan lem kayu (sebagai contoh lem fox), semen putih dan kapur (kalsit) semua bahan rasio 1:1:1. Tempelkan plamur menggunakan rakel untuk meratakannya. Amplas lagi sehingga tembok benar benar halus dan rata. manfaat menggunakan plamur untuk melapisi tembok adalah:

  • Membuat lapisan pada tembok mencegah rembesan air masuk
  • Membuat permukaan tembok lebih rata dan halus
  • Menghemat cat sampai 40% karena cat tidak cepat terserap tembok yang kasar atau tidak rata

nah jika tembok sudah sebelumnya pernah dicat pastikan permukaan dinding yang akan anda cat ulang bersih dari debu dan kotoran. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada area dinding. Kotoran pada dinding ini sangat wajib dihilangkan. Debu, kotoran dan noda minyak akan membuat hasil akhir cat tidak halus dan merata. Berishkan dengan air yang dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosok-gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun. Pastikan permukaan tembok rata dan halus. Jika ada retakan atau permukaan cekung tidak rata gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar didapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban
Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Lindungi bagian rumah yang tak ingin dicat dengan lakban atau pita perekat saat pengecatan. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut. Anda juga bisa menempatkan koran dibawah tembok untuk melindungi lantai dari tetesan cat.

Mulai lakukan pengecatan
Aduk cat terlebih dahulu agar warna tercampur merata. Anda bisa menggunakan kuas atau roller untuk mengecat permukaan tembok. Trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam baru lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding..

Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit
Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

Pengulangan cat Lagi Jika diPerlukan
Bila hasil pengecatan masih kurang sempurna, atau warna belum tertutup sempurna ulangi sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik dan menutup rata permukaan tembok. Bila cipratan cat jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah. Selamat mencobanya!

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment