Perhatikan Hal Ini Saat Memasang Bingkai di Rumah

Menghias rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menghias dengan memasang bingkai. Jangan menyepelekan memasang bingkai, karena kesalahan saat memasang bingkai untuk menghiasi rumah justru bisa membuat komposisi dalam ruangan bisa rusak alih-alih mempercantik ruangan.

Berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan saat akan memasang bingkai untuk menghiasi rumah kita :

Hubungan Bingkai dan Ruang

Ada hubungan antara objek yang dibingkai dengan ruangan di mana bingkai diletakkan. Objek (gambar) memberi kesan tertentu pada ruang. Sebaliknya tatanan ruang memperkuat dan menonjolkan kualitas objek (gambar). Sebuah bingkai dapat kita gunakan sebagai pemberi nilai tambah bagi benda yang kita bingkai dan menjadi hiasan unik bagi ruang.

Karenanya, pikirkan tentang keselarasan gaya, warna, dan motif di dalam ruang dengan bingkai yang kita pasang sehingga tercipta paduan dari setiap elemen interiornya. Demikian pun dengan model bingkainya. Pilih sesuai kebutuhan dan kecukupan ruang (space).

Posisi Bingkai

Setidaknya ada dua hal pokok yang harus diperhatikan saat memajang bingkai. Pertama, kenyamanan pandang. Pasanglah bingkai dengan ketinggian titik tengah bingkai sejajar dan setinggi pandangan mata, yaitu berkisar antara 150 cm – 160 cm (tinggi rata-rata orang Indonesia).

Jika diletakkan terlalu tinggi akan memaksa kepala mendongak saat memandangnya, sedangkan jika terlalu rendah akan menjadikan kita harus menundukkan kepala atau membungkukkan badan untuk dapat menikmatinya.

Kedua, manfaatkan bingkai sebagai penyeimbang ruangan. Artinya posisi bingkai tak harus simetris dengan furnitur benda-benda lainnya karena menimbulkan kesan kaku, terlalu biasa, dan membosankan. Pilihlah titik fokus yang menarik.

Teknik Memajang

Memajang bingkai tidak selalu dengan cara digantung menggunakan tali. Teknik off the wall  merupakan salah satu cara peletakan bingkai selain digantung di dinding.  Bersama pernik aksesori lainnya, sebuah bingkai dapat diletakkan begitu saja di atas meja. Justru peletakan seperti ini menciptakan titik fokus yang menarik dan memberi peluang untuk diubah-ubah letaknya dan ditata ulang.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment