Ruangan Baru Bau Cat? Begini Cara Ngilanginnya

Ruangan Baru Bau Cat? Begini Cara Ngilanginnya
Rumah Anda baru? Pasti hal yang dilakukan adalah salah satunya mengecat rumah. Tentunya ruangan akan menjadi berbau cat bukan? Bagaimana cara menghilangkan bau cat ini?

Tidak sulit menghilangkan bau cat dinding di dalam ruangan. Anda hanya perlu beberapa bahan alami untuk mengatasi bau cat yang mengganggu. Penasaran? Yuk, Intip ulasan menarik kami.

1. Arang kayu

Arang kayu Cara Menghilangkan Bau Cat

Arang diklaim sebagai bahan alami yang paling ampuh dalam menyerap minyak, noda, dan bau yang tak sedap. Uniknya, arang kayu juga dapat menyerap zat-zat kimia yang terkandung di dalam cat. Selain itu, cara menghilangkan bau cat dengan arang juga tergolong mudah dan praktis.

Untuk memanfaatkan arang sebagai penghisap bau dari cat tersebut, maka Anda harus meletakkan satu keranjang berisi arang hitam. Biarkan arang hitam ini berada di ruangan yang baru dicat semalaman. Keesokan harinya, bau cat akan berkurang atau menghilang sama sekali karena arang kayu akan mempercepat proses penyerapan bau cat dinding secara lebih cepat dari cara lainnya.

2. Cuka putih

Cuka putih

Tak disangka-sangka cuka putih ternyata menjadi salah satu bahan alami untuk menghilangkan bau cat. Jadi, selain mengatasi noda di pakaian putih, ternyata cuka juga dapat menyerap bau cat yang cukup menyengat.

Yang harus Anda lakukan hanyalah menyediakan satu wadah berisi cuka putih, lalu letakkan wadah tersebut tak jauh dari ruangan yang baru saja dicat. Kemudian, diamkan cat berisi cuka tersebut semalaman, maka bau cat yang menyengat sudah agak sedikit berkurang. Sambil menggunakan cuka untuk menyerap bau cat, bukalah jendela dan ventilasi ruangan untuk mempercepat proses menghilangkan bau cat dinding tersebut.

3. Bawang bombay

Bawang Bombay

Segala jenis bawang memang memiliki aroma yang menyengat. Bahkan, saking menyengatnya aroma bawang, maka bawang bisa dimanfaatkan untuk menetralisir bau cat dinding yang masih baru. Gunakan bawang bombay yang masih segar dalam kasus ini.

Anda hanya perlu membelah bawang bombay hingga menjadi dua bagian. Letakkan masing-masing potongan bawang bombay ini di sudut ruangan yang berbeda. Aroma tajam bawang bombay ini akan segera menetralisir bau cat baru. Namun, Anda tak perlu khawatir karena aroma bawang ini tidak akan membekas dalam ruangan Anda.

4. Kopi bubuk

Kopi Bubuk

Aroma kopi yang pekat ternyata bisa menjadi cara menghilangkan bau cat dinding yang masih baru. Jika Anda merasa sumpek karena ruangan Anda berbau cat, mengapa tak coba menempatkan kopi bubuk dalam ruangan Anda? Sangat disarankan untuk menggunakan kopi hitam karena aromanya sangat kuat.

Tempatkan kopi bubuk dalam sebuah wadah dan letakkan di tengah-tengah ruangan. Tinggalkan kopi ini dalam ruangan yang tertutup rapat tanpa menyalakan pendingin ruangan. Kopi akan segera menyerap bau cat dinding dan segera menggantikannya dengan aroma kopi yang harum.

5. Lemon

Gosok dengan Lemon

Ingin membuat ruangan Anda berbau segar meskipun baru dicat? Tenang saja, Anda tidak perlu menggunakan pengharum ruangan karena lemon bisa menjadi bahan alami yang akan menyegarkan udara di ruangan Anda.

Potong lemon menjadi 2-4 bagian, lalu sebarkan potongan-potongan lemon ini di seluruh ruangan. Biarkan buah lemon ini berada di ruangan yang baru dicat selama satu malam penuh. Aroma lemon yang segar akan segera memenuhi ruangan Anda. Selain itu, bau cat yang mengganggu pernapasan juga akan segera hilang setelah lemon diletakkan di ruangan Anda semalaman.

6. Nanas

Nanas

Sama seperti lemon, nanas adalah bahan alami untuk menyerap bau cat sekaligus menebarkan aroma segar pada ruangan. Anda dapat memanfaatkan buah yang satu ini untuk menetralisir bau cat di ruangan Anda. Cara penggunaan nanas untuk mengharumkan ruangan juga sama seperti ketika Anda menggunakan lemon.

Potong buah nanas menjadi beberapa bagian, lalu letakkan di atas piring. Tempatkan masing-masing piring berisi nanas di setiap sudut ruangan. Namun, mengingat nanas adalah buah yang manis, maka sangat berisiko dihampiri oleh semut.

7. Air garam

Basmi tungau dengan air garam

Tidak punya semua bahan-bahan yang sudah kami sebutkan di atas? Tentunya Anda pasti memiliki garam dapur, bukan? Nah, manfaatkan garam dapur tersebut sebagai cara menghilangkan bau cat. Larutan air garam dipercaya dapat menyerap bau cat yang sangat menyengat.

Buatlah beberapa gelas larutan air garam, lalu tempatkan saja di setiap sudut dan tengah ruangan. Air garam tidak dapat menyerap bau cat secara instan, butuh waktu semalaman untuk mengandalkan larutan air garam ini sebagai penghilang bau cat dinding.

8. Essence Vanilli

Essence Vanilli

Banyak yang tidak mengetahui trik sederhana ini. Sejatinya, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes essence vanilli ke dalam cat dinding sebelum mulai diaplikasikan pada dinding. Essence vanilli ini akan mengurangi bau cat yang sangat menyengat.

Selain itu, vanilli juga akan menebarkan aroma harum pada ruangan Anda setelah mengecat. Tak perlu khawatir warna atau kualitas cat akan berubah setelah ditambahkan vanilli karena bahan yang satu ini tidak akan mempengaruhi kualitas cat tembok yang Anda pakai.

9. Baking soda

Bahan yang satu ini juga diklaim dapat mengurangi bau cat tembok baru. Baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau cat yang sangat pekat. Anda dapat membuat larutan air dan baking soda dalam sebuah wadah, lalu tempatkan wadah tersebut di tengah ruangan.

Bisa juga dengan cara menaburkan baking soda ke lantai untuk menyerap bau cat. Cara yang terakhir akan membuat Anda sedikit kerepotan saat harus membersihkan lantai pada keesokan harinya.

10. Aromatherapy

Aromatherapy

Punya aromatherapy yang biasa dipakai untuk menenangkan tubuh dan pikiran? Manfaatkan aromatherapy tersebut untuk menetralisir ruangan yang udaranya sudah terkontaminasi dengan bau cat tembok. Nyalakan aromatherapy Anda dalam ruangan yang baru dicat, maka hanya dalam sekejap aroma cat akan kalah dengan aroma yang ditebarkan oleh aromatherapy yang baru saja dipasang.

Tips lain yang harus diperhatikan ketika ingin menghilangkan bau cat tembok adalah hindari penggunaan pendingin ruangan (AC) pada saat mengecat. Usahakan untuk membuka semua jendela dan ventilasi seluruh ruangan pada saat dan sesudah mengecat dinding. Bila ada pintu yang terhubung dari ruangan yang dicat dengan ruangan lain, tutup saja pintu tersebut agar aroma cat yang pekat tidak mengontaminasi ruangan lainnya.

Cara Menghilangkan Bau Cat Dinding

Sebelum menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan bau cat, Anda pun dapat memasang kipas angin di dalam ruangan tersebut. Udara dari kipas angin membuat aroma cat cepat hilang dan cat di dinding juga lebih mudah kering dengan adanya kipas angin.

Tips yang satu ini juga berlaku ketika Anda mengecat suatu benda di dalam ruangan. Bila perlu cobalah untuk mengecat benda tersebut di luar ruangan agar bau catnya tidak tertinggal dalam ruangan itu.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment

WhatsApp chat