Sulap Teras Rumah Dengan Tanaman Gantung

Teras rumah yang nyaman adalah idaman semua orang. Teras sangat merupakan tempat yang cocok untuk berkumpul dengan keluarga. Sambil meminum teh dan dengan segala candaan di sore hari. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mempercantik teras rumah. Apalagi dengan menghias teras rumah dengan tanaman hijau-hijuan, misal tanaman gantung. Selain mempercantik tentunya akan menambah kenyamanan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda diperhatikan.

  1. Pemilihan Pot Gantung

Langkah pertama adalah memilih pot yang sesuai dengan selera Anda. Pot tanaman gantung terdiri dari berbagai macam bahan dan bentuk. Anda bisa membeli pot yang terbuat dari plastik, tanah liat, atau bahkan anyaman tambang, pot seperti ini banyak dijual di pasar. Namun harus Anda ketahui bahwa perawatan pot akan berbeda sesuai jenisnya masing – masing, terutama saat Anda menyiram tanaman.

  1. Pemilihan Tanaman Gantung

Segala jenis tanaman yang tumbuh di tanah, umumnya juga bisa tumbuh di pot gantung. Akan lebih baik jika Anda memilih tanaman – tanaman yang panjang menjuntai seperti pakis, pothos, sukulen atau juga tanaman merambat seperti geranium dan petunia. Jangan memilih akar tanaman dengan akar ektensif seperti jenis – jenis semak karena dapat merusak tembok rumah Anda.

  1. Kenali Pola Saluran Air

Sangat penting untuk mengenali pola saluran air dalam pot gantung Anda. Bila Anda menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat, sebaiknya tambahkan kerikil, potongan atau pecahan genting, agar dapat memberikan ruang untuk air mengalir sehingga tidak membuat akar tanaman menjadi busuk. Setelah memasukan kerikil, masukan tanah, kemudian tanaman.

  1. Penyiraman Tanaman Gantung

Tanah dalam pot gantung cenderung lebih cepat kering, maka dari itu siramlah dua atau tiga kali sehari. Anda juga bisa menyiram tanaman dengan pecahan es batu yang kita letakan dipermukaan media tanam. Es batu akan mencair perlahan – lahan, sehingga air benar – benar terserap sempurna dan tanaman mendapat suplai air yang cukup secara kontinyu.

  1. Pemupukan Tanaman Gantung

Jangan lupa berikan pupuk secara teratur, setiap bulan. Biasanya, tanaman bunga memerlukan pemupukan yang lebih sering dibandingkan jenis lainya. Namun, Anda harus memastikan takaran dan cara pemupukan yang tepat.

Diatas adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda akan mempercantik teras dengan tanaman gantung. Tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61de

Leave a Comment