Tips Aman Pilih Lampu Meja Anak

Salah satu pelengkap dari meja kamar anak adalah lampu meja. Lampu meja biasanya terdapat berbagai jenis ukuran dan berbagai jenis. Tapi tidak semua jenis lampu meja yang aman untuk si buah hati, karena ada beberapa lampu meja yang rentan dengan patah.

Pastikan tingkat keamananannya terjamin sehingga tak akan membahayakan jiwa anak Anda. Untuk itu, perlu dilihat beberapa poin – poin di bawah ini untuk memastikan lampu meja yang Anda pilih merupakan lampu meja yang tepat untuk anak.

1. Ukuran

Pilih lampu meja yang berukuran kecil, pendek, dan mudah digenggam (terdapat bagian yang digunakan untuk menggenggam pada lampu tersebut). Intensitas nyala lampunya juga tak perlu terlalu terang, cukup sesuai kebutuhan si anak. Usahkan jangkauan pencahayaannya tak terlalu luas, sehingga cahaya lebih terfokus secara maksimal. Di samping itu, letak lampu meja juga harus disesuaikan dengan jangkauan si anak. Lampu meja ini bisa diletakkan di tepian meja dan disesuaikan dengan penggunaanya.

2. Material

Sebaiknya pilih jenis material yang tidak mudah pecah dan tidak memiliki bagian – bagian yang tajam. Hal ini untuk mengantisipasi agar ketika lampu meja ini terjatuh, pecahan – pecahannya tidak lantas melukai si anak. Oleh karena itu, hindari memilih lampu berbahan keramik atau kaca. Kayu atau plastik cenderung lebih aman dan bisa Anda jadikan opsi. Material logam mungkin terlihat kokoh, namun material ini gampang memuai bila terkena panas dan bisa memicu hubungan arus pendek. Untuk lampu meja dengan kap lamu berbahan kain, sebaiknya juga dihindari. Sebab, kap lampu ini akan mudah kotor dan agak menyulitkan untuk dibersihkan.

3. Desain

Desain lampu dan fitur – fitur pendukungnya harus mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan. Pastikan tombol on/offnya mudah digunakan, terlebih oleh anak – anak. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis touch lamp atau lampu sentuh karena cara menghidupkannya cukup mudah, yakni dengan menyentuh fitur on/offnya. Bila anak Anda cenderung suka lupa mematikan lampu ketika tertidur atau meninggalkan ruangan, Anda bisa memilih lampu dengan fitur on/off otomatis, sehingga lampu tersebut akan mati dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang sudah diatur. Dengan begitu, Anda bisa menghemat konsumsi energi dan meningkatkan keselamatan anak dengan menggunakan lampu sesuai kebutuhan.

4. Bola lampu

Bola lampu bisa menjadi bagian dari lampu meja tersebut, atau menjadi bagian yang dijual terpisah. Meski banyak yang dijual secara terpisah, bola lampu tetap harus menjadi fitur yang penting untuk dipertimbangkan. Beberapa jenis bola lampu ada yang mudah panas hingga terbakar bila digunakan secara berlebihan. Misalnya, jenis bola lampu Halogen dan compact fluorescent bulb / CFL. Kedua bola lampu tersebut mengandung Merkuri dan bila ada bagian bola lampu yang pecah, maka material yang keluar dari bola lampu tersebut akan membahayakan keselamatan anak.

Usahakan pilih bola lampu dengan watt yang kecil. Sebab, lampu dengan watt kecil tidak cepat panas dan temperatur panasnya tidak akan terlalu berlebihan. Terakhir, pastikan nyalanya tidak terlalu temaram. Untuk itu, gunakan tipe lampu overhead. Bisa juga Anda memilih lampu LED, karena lampu ini tahan lama dan tidak mudah panas ketika digunakan. Namun, Anda harus menyiapkan budget yang lebih karena lampu ini memiliki harga yang cukup mahal.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment