Tips Membuat Jendela Kedap Suara

TIPS MEMBUAT JENDELA KEDAP SUARA

Tips Membuat Jendela Kedap SuaraJendela kedap suara adalah solusi agar mengurangi suara bising dari luar ruangan. Terutama bagi Anda yang mempunyai rumah di pinggir jalan. Nah berikut adalah beberapa tips membuat jendela kedap suara.

10 Cara Membuat Jendela Kedap Suara Beserta Penjelasannya

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips cara membuat jendela kedap suara, yuk kita simak tips berikut ini!

1. Menggunakan Karya Seni

Cara membuat jendela kedap suara yang pertama ialah dengan menggunakan karya seni. Selain sebagai alat peredam suara, kanvas juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan dinding. Kanvas adalah salah satu benda yang dipercayai bisa meredam suara. Caranya pasanglah panel akustik atau ubin di belakang kanvas yang digantung di dinding.

2. Menggunakan Tirai

Cara membuat jendela kedap suara yang kedua adalah dengan menggunakan tirai lapis ganda untuk menciptakan ketebalan sehingga menghindari bising masuk ke dalam ruangan. Dengan lapisan ganda tertutup,  maka akan mengurangi kebisingan external untuk tingkat tertentu.

3. Menggunakaan Karpet

Cara membuat jendela kedap suara berikutnya yakni dengan menggunakan karpet. Jika anda memiliki rumah dengan lantai kayu atau keramik, untuk mengurangi suara bising agar tidak masuk kedalam ruangan, cobalah dengan menggunakan karpet, dengan cara menumpuk beberapa karpet sehingga karpet menjadi tebal. Setelah itu letakan tumpukan karpet karpet tersebut kebeberapa bagian ruangan, tumpukan karpet tersebut berfungsi untuk menghilangkan gema dan bisa menyerap suara yang akan masuk kedalam ruangan secara efektif.

4. Menggunakan Tanaman

Daun dan batang pada tanaman bisa mengalihkan, menyerap, dan membiaskan suara di sekitar ruangan. Pilih tanaman yang Anda suka dan dekorasi rumah Anda dengan menempatkan tanaman-tanaman tersebut. Tanamlah tanaman yang berukuran besar karena tanaman besar hasilnya lebih maksimal mengurangi kebisingan daripada tanaman yang berukuran kecil. Selain untuk mengurangi kebisingan tanaman juga akan membuat rumah menjadi sejuk juga bisa dijadikan taman kecil untuk bersantai.

5. Menggunakan Rak Buku

Meletakkan benda berat dan padat bisa menghilangkan suara yang tidak diinginkan. Letakkan buku yang banyak di rak buku untuk meredam bising  suara di ruangan. Fungsinya selain untuk meredam suara, kita juga bisa memanfaatkannya sebagai  perpustakaan pribadi. Beruntung bagi Anda para kolektor dan kutu buku. Karena ternyata kehadiran buku yang bertumpuk di rak buku bermanfaat untuk meredam suara bising di dalam rumah.

6. Menggunakan Door Draft Protector

Cara lain untuk meredam suara yaitu dengan memasang door draft protector atau pelindung udara, biasanya benda ini dipasang di bawah pintu. Benda ini akan menahan udara dan mencegah suara yang akan  masuk dari bawah pintu.

7. Menggunakan Karton Telur Bekas

Ternyata karton bekas telor bermanfaat lho, salah satunya sebagai peredam suara. Caranya mudah, dengan meletakan karton bekas telor dibawah pintu tujuannya agar suara tidak masuk melalui bawah pintu dan menempelnya di dinding. Cara ini memang terlihat kurang cantik daripada menggunakan pelindung udara, namun cara ini cukup efektif untuk meredam suara. Sebagai solusi agar karton terlihat menarik adalah dengan menggambar dan melukis karton-karton ini dan ditempel di dinding. Selain sebagai peredam suara, dengan melukis karton karton tersebut maka dinding pun akan terlihat lebih cantik dan menarik.

8. Menggunakan Lembar Gabus

Cara sederhana ini dapat meredam suara yang akan masuk kedalam ruangan. Caranya dengan melapisi seluruh dinding dengan gabus.

9. Memasang gorden pada jendela dan pemisah ruangan.

Anda tentu tahu gorden bukan? Fungsi gorden adalah untuk mencegah cahaya matahari masuk ke ruangan Anda. Selain sebagai pencegah cahaya matahari ternyata gorden juga berfungsi mengurangi suara bising yang akan masuk ke dalam rumah. Pilihlah gorden dengan brokat bermotif, beludru ataupun wol. Caranya pasang gorden mengelilingi dinding ruangan dan juga jendela Anda. Untuk memastikan gorden Anda berfungsi maksimal dalam mengurangi suara, cara ini cara paling mudah dan kita juga mendapatkan 2 manfaat sekaligus yaitu menyerap suara dan memblokade suara. Selain gorden berbahan tebal seperti beludru atau wol. Anda juga bisa memilih bahan-bahan hasil modifikasi.

10. Insulasi

Cara membuat jendela kedap suara yang terakhir ialah dengan insulasi. Insulasi adalah cara paling efektif untuk mencegah masuknya suara bising yang tidak diinginkan, caranya dengan melapisi dinding menggunakan rockwool dan penggunaan kaca jendela ganda. Selain berfungsi sebagai peredam suara, insulator juga dapat mengurangi panas matahari masuk kedalam rumah.

Itulah cara sederhana membuat ruangan menjadi kedap suara, selain mudah cara diatas juga murah. Namun jika anda menginginkan hasil maksimal kita bisa menggunakan jasa pembuat jendela ataupun pintu yang kedap suara, dengan menggunakan jasa kita bisa memilih material yang bagus selain itu hasilnya pun menjadi maksimal, namun kita harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Jika tidak memiliki budget lebih, cara diatas adalah solusinya.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

 

Leave a Comment