Tips Memilih Pintu Kamar Mandi Ideal

Dalam memilih pintu kamar mandi, yang Anda harus perhatikan bukan hanya dari segi keindahan saja tapi juga harus dilihat dari berbagai faktor. Fungsi dari pintu kamar mandi memang menutupi, akan tetapi pintu kamar mandi akan cepat rusak karena berbagai faktor. Nah, jika Anda ingin membeli pintu kamar mandi, berikut ada beberapa tips dalam pemilihan pintu kamar mandi.

Tips memilih pintu kamar mandi ideal

  1. Kenali Kondisi atau Desain Rumah Anda

Jika desain atau model rumah anda cenderung klasik maka pintu kayu dapat menjadi pilihan Anda. Jika ingin lebih modern Anda dapat memasang pintu kaca sebagai pintu kamar mandi. Pintu berbahan PVC dan Aluminium juga dapat Anda jadikan referensi sebagai pintu kamar mandi. Pilihlah model dan corak yang senada dengan rumah Anda agar tetap indah dipandang. Sesuaikan sebaik mungkin dengan tipe rumah Anda agar tetap serasi.

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kamar Mandi Anda

Selain mengetahui model/desain rumah, Anda juga perlu memperhatikan jenis kamar mandi di rumah Anda. Apakah kamar mandi termasuk jenis kering atau basah. Kamar mandi basah sangat tidak disarankan untuk memasang pintu yang terbuat dari kayu, karena pintu menjadi mudah lapuk dan keropos. Kamar mandi basah ada baiknya menggunakan pintu jenis PVC ataupun kaca karena tahan air dan anti lapuk. Sedangkan kamar mandi kering atau biasanya kamar mandi yang terpisah menjadi dua bagian, kering dan basah, dapat menggunakan pintu kayu. Kontak dengan air yang minim dapat menjaga keawetan pintu jenis ini. Selain itu pintu kayu juga menambah kesan elegan dan natural pada hunian Anda.

  1. Sesuaikan dengan Budget

Saat ini pintu kamar mandi banyak sekali variantnya, mulai dari yang harga murah hingga yang super mahal.  Jika Anda memiliki budget yang cukup, tentu saja pilihlah pintu kamar mandi dengan kualitas dan design yang paling bagus. Perlu diketahui, pintu kaca dan kayu merupakan jenis pintu kamar mandi yang memegang harga tertinggi di pasaran. Namun, Anda juga perlu perhatikan brand reputasi produsen pintu tersebut. Pastikan jika harga yang ditawarkan sepadan dengan kualitas pintu yang akan Anda beli. Jika Anda ingin yang relatif terjangkau, tidak ada salahnya membeli pintu jenis PVC atau aluminium. Pintu jenis ini juga diminati oleh konsumen karena kualitasnya yang baik dan tidak terlalu menguras kantong. Jangan khawatir mengenai motif dan kualitas, karena di pasaran telah tersedia berbagai jenis motif dan gaya serta merk-merk yang dapat diandalkan kualitasnya.

  1. Pertimbangkan Ketahanan dan Perawatannya

Jangan hanya membeli pintu kamar mandi hanya karena model atau design nya yang menarik. Pikirkan pula ketahanan pintu dalam jangka waktu lama serta perawatannya. Perawatan pintu dapat bervariasi sesuai dengan bahan dasar pintu tersebut. Misalnya pintu kaca, dalam perawatan nantinya, tentu akan membutuhkan cairan khusus untuk membersihkan kotoran seperti jamur yang mungkin menempel, begitupula pintu kayu. Sedangkan pintu jenis PVC dan aluminium perawatannya relatif mudah yaitu dengan detergen atau sabun cuci piring dan air, namun harus rutin dibersihkan agar tahan lama.

Nah itu tadi diatas adalah tips memilih pintu kamar mandi ideal untuk hunian Anda. Selain mempertimbangkan beberapa aspek diatas, kenali pula kelebihan dan kelemahan jenis-jenis pintu tersebut.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

 

Leave a Comment