Tips Menata Lemari Pakaian Ala Fashionista

Bagaimana cara agar Anda bisa tetap tampil edgy dan on point dengan koleksi fashion items paling up-to-date dengan lemari Anda? Jangan buru-buru membuang atau menyumbangkan baju. Dengan teknik menata lemari yang tepat dan cerdas memanfaatkan drawer, rak, dan kontainer, selain bisa menyulap lemari menjadi lebih fashion-friendly, Anda bisa membuat lemari Anda menjadi lebih eco-friendly. Tak banyak barang, kamar lebih lapang dan percaya deh, sirkulasi udara bisa jadi lebih baik. Berikut 4 langkah menata isi lemari pakaian ala fashionista:

Buat Semua Barang Terlihat

Gunakan karpet, kursi, atau tempat tidur sebagai penampungan sementara selagi Anda mengosongkan isi lemari pakaian. Keluarkan semua isi lemari. Tidak hanya pakaian tapi juga hanger hingga pengharum lemari. Jangan ditumpuk, lebih baik jajarkan isi lemari sehingga Anda bisa melihat lebih jelas, apa saja yang sebenarnya memenuhi lemari pakaian. Ukur lemari dan perkirakan apakah Anda perlu furniture tambahan, seperti gantungan baju, lemari tas, hingga rak gantung. Bila perlu, ajak anggota keluarga atau teman untuk bantu membereskan barang atau memindahkan benda yang berat.

Pilah dan Pilih

Pilih dengan seksama isi lemari yang telah Anda jajarkan. Tentukan mana yang bisa tetap disimpan, bisa disumbangkan, dan segera singkirkan sisanya yang sudah tak layak pakai. Gunakan kontainer plastik, boks plastik, keranjang, atau wadah lainnya untuk pengelompokan barang. Agar lebih mudah, berikan label pada tiap wadah, seperti keep, donate, dan trash. Untuk pernik-pernik kecil, sebaiknya Anda pisahkan lagi sendiri, seperti kaos kaki atau saputangan untuk mencegahnya terselip di antara barang berukuran besar. Ruang di kamar minimalis Anda perlahan akan lebih lapang dan Anda pun semakin selektif memilih barang.

Seleksi Ketat

Ternyata alam bisa jadi salah satu pertimbangan saat menata lemari pakaian, lho. Segala pakaian layak pakai yang masih ingin disimpan, kelompokkan sekali lagi sesuai fungsinya. Misalnya untuk bersiap menyambut musim penghujan, kelompokkan baju hangat seperti sweater, cardigan, dan jaket. Sedangkan untuk cuaca cerah dan aktivitas outdoor seperti traveling, kelompokkan kemeja dan blouse. Agar pakaian awet dan tidak mudah dibuang, perhatikan cara penyimpanannya. Anda bisa melipat t-shirt, celana bahan, dan underwear, lalu susun di dalam drawer dengan rapi. Kemudian gunakan hanger untuk menggantung blazer, dress, dan kebaya.

Buang Yang Tak Perlu

Selain pakaian yang tak terlipat rapi dan diselipkan asal-asalan, faktor yang tanpa sadar membuat lemari pakaian tampak sesak adalah adanya barang-barang yang tidak cocok disimpan dalam lemari pakaian. Jangan salah, ini sering terjadi lho. Tanpa sadar di antara pakaian terselip satu dua buah novel atau beberapa peralatan make up. Nah, benda-benda seperti ini harus segera dikeluarkan dari lemari pakaian untuk diletakkan pada tempat penyimpanan yang seharusnya, seperti rak buku dan meja rias untuk peralatan make up.

Leave a Comment