Trik Desain Interior Dapur Kecil

Bagi orang apalagi yang memilki hobi memasak, memasak di dapur yang bersih dan tertata menjadi impian. Dapur hanya tempay untuk memasak, tetapi jaman sekarang dapur memilki hal lebih dari memasak. Memasak membutuhkan penataan tersendiri. Bagi yang memilki dapur kecil, kami akan memberitahukan trik untuk desain dapur kecil.

1. Buat daftar prioritas peralatan yang diperlukan

Beberapa peralatan dapur dasar seperti garpu, pisau, satu set sendok, spatula, piring, dan gelas atau cangkir, untuk desain dapur kecil harus diletakkan di tempat atau kabinet yang mudah kalau bisa selalu meja konter. Kedua alat tersebut sangat vital dalam aktivitas memasak jenis apapun. Untuk pisau, penting juga bagi kita untuk mengetahui berbagai macam fungsi dan jenis pisau yang ada pada satu set pisau tersebut. Sehingga, pada desain dapur kecil, perlu disusun jenis pisau apa yang bisa digunakan untuk memotong daging, buah, bumbu, dan roti. Kamu bisa memilih, mana pisau yang bisa diletakkan di meja counter dan mana yang bisa disimpan di knive shelves. Rawat juga pisau secara rutin, supaya tidak ada pisau berkarat.

 

2. Coba memainkan jenis penataan yang tepat untuk desain dapur kecilmu.

Saat memulai untuk mendesain dapur kecil, mulai dengan penataan dan dekorasi yang tepat. Kamu bisa mempertimbangkan dekorasi dapur berbentuk L. Desain penataan dapur ini terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku. Ini bisa memudahkan mobillisasi ketika sedang memasak di dapur, serta bisa digunakan oleh lebih dari satu orang. Untuk fleksibiltas aktivitas memasak yang lebih maksimal, menyenangkan, dan memungkinkanmu untuk lebih banyak berinteraksi, desain dapur kecil dengan tata ruang berbentuk huruf L ditambah dengan kehadiran kitchen island di bagian tengahnya adalah pilihan yang sangat tepat.

 

3. Buat kohesi untuk desain dapur kecil sehingga bisa memberi ilusi ruangan yang lebih luas

Adanya tumpukan barang seperti piring bisa membuat desain dapur kecil terlihat penuh. Pemecahannya untuk desain dapur kecil adalah dengan mencoba untuk memberikan warna cat dinding dengan warna putih serta pakai aneka piring cantik dengan warna putih. Piring yang menumpuk akan terlihat menghilang serta membuat desain dapur kecil terasa lebih rapi serta luas.

 

 

 

 

4. Pilih furnitur yang sesuai untuk desain dapur kecilmu

Untuk kesan minimalis seperti yang ada dapur chef pada desain dapur kecil, gunakanlah furniture yang pas, seperti kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini bisa membantu desain dapur kecil agar tidak terlihat terlalu ramai dengan keterbatasan ruang yang ada. Menggunakan perabotan dan kitchen set yang berbahan utama stainless steel untuk desain dapur kecil juga dianjurkan. Karena stainless steel bersifat netral, awet dan tahan lama. Banyak pula yang menggunakan kabinet berbahan dasar kayu. Motif alami permukaan kayu umumnya sudah pasti cocok dengan konsep dapur minimalis. Table top dapur berbahan marmer atau granit juga populer di kalangan masyarakat. Tentu saja bahan ini menambah kesan mewah dan elegan pada dapur rumahmu.

5. Pakai rak terbuka untuk desain dapur kecilmu

Dalam mendesain dapur kecil, kamu bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang bisa menyimpan berbagai peralatan dapur. Rak terbuka ini bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus bisa mempercantik dapurmu jika kamu bisa menata peralatan dapur dengan baik di dalamnya.

 

 

 

6. Penggunaan perabotan yang mengkilat

Selain menggunakan perabotan seperti kaca, furnitur yang mengkilat seperti keramik untuk lantai dan backsplash dekat wastafel, atau alat elektronik berbahan stainless steel juga bisa dignakan untuk desain dapur kecil. Kabinet yang memiliki rangka dari stainless steel bisa membuat dapur kecilmu lebih rapi dan luas.

 

 

 

7. Penempatan cahaya yang cerdas untuk desain dapur kecil

Kunci dari suksesnya desain dapur kecil ala chef sebenarnya adalah kesederhanaan. Dalam hal ini, kesederhanaan desain dapur kecil salah satunya bisa diraih melalui pencahayaan ruangan yang tepat. Kamu tidak perlu memaksakan untuk memasang chandelier di dapur. Di dapur, kamu hanya butuh lampu gantung di langit-langit yang sederhana namun dengan watt yang cukup terang sehingga pekerjaan masak-memasak di rumah tidak terganggu.

 

 

 

8. Ruangan kontras membuat dapur terasa lebih luas

Untuk desain dapur kecil, jendela besar dan pencahayaan lampu berkualitas membuat ruangan akan bisa terlihat cerah mempesona. Pemilihan furnitur dengan warna gelap yang kontras dengan cat dinding akan membuat desain dapur kecil terasa lebih elegan.

 

 

 

 

9. Selalu up to date dengan tren furnitur yang ada

Memang sudah bukan rahasia umum kalau furnitur dapur memang sangat cepat mengalami perubahan, secara tidak langsung ini akan berpengaruh pada desain dapur kecil. Sama halnya dengan para chef yang selalu update, kamu juga harus mengikuti perubahan dan update tentang peralatan dapur terbaru. Bukan berarti kamu harus menghamburkan uang ya, tapi coba kamu akali dengan membuat jadwal berapa tahun sekali untuk memperbaharui furnitur dapur dan juga desain dapur kecil.

 

 

10. Beri aksen hijau atau ‘taman kecil’ di dalam dapur.

Mungkin terdengar mustahil ya, di ruangan yang sempit kamu malah menambahkan ‘taman’ di dalam desain dapur kecil. Tetapi aksen hijau dari tumbuhan ini akan bisa membuat desain dapur kecil terlihat menarik dan membuatnya lebih segar dan fresh. Kamu bisa membuat kitchen plants dengan menanam tanaman herbal seperti lavender, oregano, parsley dan masih banyak lagi. Taruh di dekat jendela dapur agar tanaman tersebut juga mendapatkan cahaya matahari. Atau, kamu juga bisa memakai berbagai jenis tanaman.

Leave a Comment