Trik Karpet Ruangan Agar Memberi Kesan Luas #1

TRIK KARPET RUANGAN AGAR MEMBERI KESAN LUAS #1

Trik Karpet Ruangan Agar Memberi Kesan Luas – Apa saja fungsi dari karpet menurut kalian? Ya, benar sekali karpet berfungsi untuk melapisi ubi, tempat lesehan, dan lain sebagainya. Biasanya penggunaan karpet digunakan untuk ruangan yang luas, nah bagi Anda yang memiliki ruang keluarga kecil jangan khawatir. Berikut adalah beberapa trik karpet ruangan agar memberi kesan luas.

1. Cocokkan dengan Tema Ruangan

Cocokkan dengan Tema Ruangan Karpet

Pertama, perhatikan dulu apa tema ruanganmu. Jangan sampai kehadiran karpet justru mendistraksi dekorasi yang sudah ada. Jika ruanganmu sempit, sebaiknya kamu tidak menerapkan tema yang ramai seperti gaya Bohemian. Namun jika beberapa furnitur sudah terlanjur berwarna, pilihlah karpet berwarna kalem dan polos supaya ruangan lebih netral. Pemilihan warna dan corak karpet yang selaras dengan tema ruangan akan membuat ruangan nyaman untuk dilihat.

2. Seimbangkan Ukuran Karpet dan Ruangan

Seimbangkan Ukuran Karpet dan Ruangan

Hal pertama yang perlu dilihat adalah perbandingan ukuran karpet dan ruangan. Jangan sampai karpet justru membuat ruangan sempit tampak lebih sesak. Panduan mudahnya, karpet sebaiknya tidak menutupi lebih dari 50% luas alas ruangan. Tapi jangan juga terlalu kecil hingga tampak terpisah sendiri sebagai salah satu unsur ruangan. Karpet yang terlalu kecil akan membuat ruangan tampak tidak seimbang.

3. Sesuaikan Corak dan Warna Karpet

Sesuaikan Corak dan Warna Karpet

Permainan corak dan warna karpet dapat membantu ruangan terlihat lebih lapang. Warna-warna lembut seperti putih, krem, dan warna-warna muda bisa dipilih untuk kesan yang lebih terang. Sesuaikan juga dengan pencahayaan pada ruangan, jika pencahayaan sudah sedemikian terang, pilihlah karpet berwarna hangat. Paduan beberapa warna karpet sah-sah saja, tapi sesuaikan warna karpet dengan warna furniture-furniture favoritmu. Jangan memilih motif dengan ukuran besar atau terlalu rumit. Sebaliknya, karpet bercorak garis-garis dapat membuat ruangan terlihat lebih panjang.

4. Pilih Material Karpet yang Tepat

Pilih Material Karpetyang Tepat

Sebelum membeli karpet, kamu harus tahu terlebih dahulu di mana karpet itu nantinya akan dipasang. Setiap ruang dalam rumah membutuhkan jenis karpet yang berbeda-beda. Apakah karpet itu dimaksudkan agar nyaman diduduki atau untuk mempercantik ruang, hal tersebut akan bergantung pada material karpet.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tinggi, kepadatan, dan ketebalan karpet. Karpet bulu yang tebal dan hangat memang nyaman diduduki, tapi tidak selalu cocok ditempatkan di semua ruang. Sedangkan karpet kain berkualitas baik cenderung tidak terlalu empuk, namun mudah dibersihkan. Jika ingin memunculkan kesan yang elegan, karpet berbahan wol atau katun sangat cocok. Pilihlah bahan yang lebih kesat untuk karpet pada area tinggi aktivitas. Pilihlah karpet sesuai kebutuhanmu ya!

5. Atur Posisi Furnitur

Atur Posisi Furnitur Karpet

Setelah memutuskan ukuran dan bahan karpet yang tepat, selanjutnya adalah bagaimana mengatur posisi furnitur di atas karpet. Kamu bisa mengikuti panduan seperti ini; Pertama, semua kaki furnitur menginjak karpet, cocok jika seluruh ruangan terlapisi karpet atau karpet untuk furnitur spesifik misalnya meja makan. Kedua, hanya kaki depan menginjak karpet, cocok untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Ketiga, kaki meja tak menginjak karpet sama sekali, jika karpet licin dan sempit.

Namun, jika kamu ingin desain ruanganmu lebih mengalir ketika menggunakan beberapa karpet dalam satu ruang, pastikan gaya dan corak karpet cocok satu sama lain. Selain mencegah ruangan tampak teripisah-pisah, hal ini juga membuat pengaturan letak furnitur menjadi lebih mudah dan fleksibel.

BAY DESIGN – INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET JOGJA | FURNITURE JOGJA | MEBEL JOGJA Kami bergerak di bidang jasa pembuatan furniture dan interior. Lakukan Konsultasi dengan menghubungi kami di Telp/WA : 085875577228 – 081225577228 | Pin BB: 58878F21, 2976DE61

Leave a Comment