Yuk Bikin Rumah Sempit Tetap Nyaman

Kamu punya rumah yang sempit? Lahan terbatas sekitar 2,5 – 3 meter misalnya, memang jadi tantangan sendiri. Kamu pasti bingung dan selalu ngerasa nggak bisa menata berbagai interior. Padahal kamu mengingikan rumah yang nyaman.

Salah satu kuncinya tentu adalah penyesuaian. Mulai dari penyesuaian aktivitas apa saja yang akan dilakukan di rumah, furnitur apa yang akan mengisinya, material, hingga layout atau tatanan ruangnya. Berbicara layout, kamu bisa intip lima interior rumah supermungil ini yang sangat inspiratif.

Manfaatkan Setiap Senti

Sekecil apa pun sisa ruang dalam sebuah ruangan yang terbatas itu tentu sangatlah berharga. Untuk itu, kamu harus bisa memanfaatkan setiap sentimeter yang ada. Mulai dari area kolong, di atas, di balik furnitur, atau di mana pun. Sisa ruang ini tentu bisa kamu manfaatkan sebagai storage alias area penyimpanan, terutama untuk benda-benda yang jarang dipakai. Area penyimpanan tersebut bisa dibiarkan dengan model terbuka, atau pun dengan laci penutup, sehingga kelihatan lebih terorganisir.

Seolah Dua Lantai

Siapa yang masa kecilnya punya tempat tidur bertingkat dengan saudara sekandungnya? Ya, inilah cara paling tepat untuk menyiasati luas ruang yang sempit. Kita harus memanfaatkan area vertikal, atau area di atas kita. Seolah di dalam rumah mungil, kita memiliki dua lantai. Sehingga, daripada memaksakan melebarkan rumah mungil kamu, lebih baik membuatnya jadi tinggi ke atas. Jika perlu, lakukan renovasi agar bidang plafon kamu lebih tinggi, agar ruang dalamnya ikut terlihat tinggi.

Warna & Cermin

 

 

 

 

Memilih warna cerah memang salah satu yang paling ampuh untuk diaplikasikan dalam interior sempit. Karena warna-warna cerah bisa menciptakan kesan ruangan jadi terasa lega. Apalagi jika kamu padukan dengan penggunaan cermin di salah satu sisi dindingnya. Cermin di seluruh bidang ini tentu akan memberikan pantulan, yang seolah membentuk perpanjangan ruang. Dan ruang mini kamu pun akan terlihat seolah lebih lebar dari aslinya.

Furnitur Cermat

Benar, ini hal yang penting. Karena memilih furnitur hanya karena bentuknya yang menarik, belum tentu sesuai untuk digunakan di dalam rumah mungilmu. Salah-salah, furnitur malah bikin ruangan jadi terasa sempit. Kamu cukup pilih furnitur yang mungil, bentuknya simpel, atau bahkan dengan metode lipat. Misal saja, sebuah meja makan yang hanya terbuat dari sebuah bidang yang dikaitkan pada salah satu sisi dinding. Ditambah sepasang kursi mungil, yang mudah untuk dipindahkan kapan saja. Tentu lebih cocok untuk ruang mungil bukan?

Material Senada

Selain warna cerah, memilih material adalah hal yang perlu kamu cermati dalam ruang sempit. Jika senada, tentu secara tak sengaja akan membentuk warna dan tampilan yang sama, sehingga ruangan jadi terlihat lebih adem. Jika terlalu banyak motif dan jenis bahan yang digunakan, bukan tak mungkin ruangan sempitmu akan terkesan penuh dan berwarna-warni. Seperti rumah dengan dominasi penggunaan kayu berwarna cerah ini, tentu tampak lebih rapih dan senada ya?

Benar kan, rumah super mungil tetap bisa ditata dengan nyaman interiornya. Yuk, kita terapkan di rumah kita sendiri!

Leave a Comment